PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PENJAS SISWA SMP FRATER MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i1.969Keywords:
Game Online, Minat Belajar, PenjasAbstract
Riset. ini .memiliki tujuan .untuk .mengetahui.bagaimana pengaruh game online terhadap minat belajar Penjas siswa SMP Frater Makassar. Riset ini merupakan riset deskriptif kuantitatif dengan rancangan riset paradigma sederhana yaitu satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi.pada riset ini adalah seluruh siswa SMP Frater Makassar dan yang menjadi sampel dalam riset ini adalah 247 siswa yang dipilih melalui rumus slovin. Semua data yang dibutuhkan di riset ini dikumpulkan dengan memakai daftar pertanyaan penelitian. Data yang diperoleh diuji melalui uji Deskriptif analasis, validasi, corelasi, dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan.pengaruh.game.online .terhadap .minat belajar penjas siswa SMP Frater Makassar sebesar 42, 1 % yang membuat game online memberi pengaruh penurunan minat belajar penjas siswa SMP Frater Makassar.
References
Agustina, C., & Wahyudi, T. (2015). Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–8.
Ardi, & Sutabri, T. (2014). Perancangan Dan Implementasi Game Edukasi Marbel untuk Kurikulum Tingkat Sekolah Dasar. 1–6.
Darwis, M., Amri, K., & Reymond, H. (2020). Dampak Dari Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Usia. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 5(2), 228–233.
Deterding, S. (2012). Gamification: Designing for motivation. Interactions, 14–17.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Eskasasnanda, I. D. P. (2017). Causes and Effects of Online Video Game Playing among Junior-Senior High School Students in Malang East Java. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 9(2), 191–202.
Fajri, C. (2012). Tantangan Industri Kreatif-Game Online di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 1(5), 443–454.
Handayani, S. (2018). Analisa Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Journal Speed –Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 10(2), 1–6.
Imansyah, F. (2018). Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Penjas Orkes terhadap Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 691–696.
Johan, R. S. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat untuk Belajar Peserta Didik Kelas X dii Ma Al Hidayah Depok. Research and Development Journal Of Education, 5(2), 12–25.
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Pratama, W. (2014). Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Jurnal Telematika, 7(2), 13–31.
Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 25–34.
Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58.
Rahmawati, I., & Leksono, I. P. (2019). Pengembangan Game Petualang untuk Pembelajaran Berhitung. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 11–23.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 28–38.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.
Yana, E., & Komara, A. (2019). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Analysis Ability Mahasiswa. ASSETS Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 8(2), 157–173.
Yulianti, R. R. M., Syatoto, I., Suprapti, E., & Elburdah, R. P. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa MTS Matlaul Anwar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 3(1), 62–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Maria Herlinda Dos Santos, Harliawan , Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.