Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Physics Dominoes Pada Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.22487/jpft.v12i3.3689Keywords:
Pengembangan, Media, Pembelajaran, Physics, DominoesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game physics dominoes pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Mepanga . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa di SMA Negeri 1 Mepanga. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan model skala likert, dan analisis data dilakukan secara deskriptif. Media yang dikembangkan pada penelitian ini diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan aspek penilaian materi, kebahasaan, dan penyajian. Hasil yang didapatkan dari penilaian ahli materi masuk dalam kategori sangat baik atau layak. Pada ahli media, dengan aspek penilaian tampilan, kemudahan penggunaan, dan kualitas materi, hasil yang didapatkan masuk dalam kategori sangat baik atau layak. Penilaian guru mata pelajaran dengan aspek penilaian materi, kebahasaan, penyajian, tampilan, fisik, dan penggunaan. Hasil yang diperoleh masuk dalam kategori sangat baik. Penilaian siswa dengan aspek tampilan, fisik, dan penggunaan. Hasil yang diperoleh masuk dalam kategori sangat setuju. menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis game physics dominoes layak dan efisien digunakan sebagai media pembelajaran fisika.
References
Sukroyanti, B. A. (2019). Pengembangan Media Animasi Dengan Aplikasi Makromedia Flash Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 2(2), 5–8. https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.237
Kiromah, A., Prihandono, T., Maryani, M., Helmi, M. L., & Laila, S. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Remi Fisika Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(3), 106. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i3.34305
Muthoharoh, A., & Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 179–194. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i2.856
Nurwijayanti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Permainan Domino Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Tegineneng Pada Materi Fluida, 8.5.2017, 2003–2005.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Islami, A. V. (2020). Pembelajaran Fisika Berbantuan Quipper School Sebagai Media Pembelajaran. Explore, 10(1),79. https://doi.org/10.35200/explore.v10i1.364
Sumarni, R. A., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Kartu Domino Pada Pokok Bahasan Fisika Gerak. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 227–236.
Pendidikan, J., Manasikana, O. A., & Nikmaturofidah, F. (2022). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Materi Suhu dan Perubahannya. 5, 37–42.
Media, P., Kartu, P., Meningkatkan, U., Belajar, M., & Pada, S. (2022). Jurnal horizon pendidikan. 2(4), 458–471.
Rendana, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berupa Kartu Domino Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas IV Sd/M., Jurnal of EST, Vol. 2, No. 2, (Agustus, 2016), h. 81, 3, 178. http://repository.radenintan.ac.id/4440/1/SKRIPSI FITRI RENDANA.pdf
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Widiyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purnama, S. (n.d.). ELEMEN WARNA DALAM PENGEMBANGAN. 113–130.
Ahmad Ismail, Nurul Huda, & Diana Fathul Izzah. (2021). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Permainan Domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab) untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 197–220. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-07
Sodiq, U. N., Timur, J., & Ma, S. M. A. (2021). Media Dominasi (Domino Sistem Koordinasi) Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi. 12, 99–107.
Prayekti, N. (2020). Pengembangan Media Permainan Matematika Berbasis Kartu Domino Pada Materi Eksponen. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Nelwati, S., & Rahman, H. (2022). Jurnal riset pendidikan dasar dan karakter. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13–22.
Ajizah, S. N., Andjariani, E. W., & Dewi, G. K. (2023). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10680–10686. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3320
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 fanisucitra30 citra, Gustina Gustina, Muhammad Jarnawi, Ketut Alit Adi Untara, Andi Ulfah Khuzaimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.