Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Linktree Berbantuan Heyzine Dan Quizwhizzer

Authors

  • Khairatun Amalia Khairatun Amalia Universitas Tadulako
  • Syamsu Syamsu Universitas Tadulako
  • I Wayan Darmadi Universitas Tadulako
  • Ketut Alit Adi Untara Universitas Tadulako
  • Nurul Kami Sani Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/jpft.v12i3.3706

Keywords:

Media, Pembelajaran, Linktree, Heyzine, Quizwhizzer

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran elektronik dengan memanfaatkan Linktree berbantuan Heyzine dan Quizwhizzer, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran elektronik berbasis Linktree berbantuan Heyzine dan Quizwhizzer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan 4D, yang mencakup tahap Define, Design, dan dibatasi sampai Develop. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Mayana di SMA Negeri 9 Sigi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert, dan analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Linktree dengan bantuan Heyzine dan Quizwhizzer layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,88 dengan kategori “Sangat Baik”, Validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 3,78 dengan kategori  “Sangat Baik”, angket respon guru diperoleh skor rata-rata 3,44 dengan kategori “Sangat Baik”, dan angket respon peserta didik diperoleh skor rata-rata 3,40 dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran Fisika materi suhu dan kalor.

References

Wijayanti, K. & Ghofur, M.A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Bank Dan Sistem Pembayaran Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 14(1), hlm. 1–14.

Aini, K. & Kurniawan, R.Y. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Strategi 5M Merdeka Belajar Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Ekonomi. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 6(2), hlm.145–58. doi: 10.23969/oikos.v6i2.5480.

Putri, R.R.R.R. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 1(2), hlm. 93–104. doi: 10.55784/jupeis.vol1.iss2.46.

Busyairi, A., Rokhmat, J., & Verawati, N.N.S.P. (2021). Penggunaan Paradigma Gaya Gesek sebagai Gaya Reaksi untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 66-73.

Ma’ruf., Setiawan, A., Suhandi, A., & Siahaan, P. (2020). Investigation of Student Difficulties in Basic Physics Lectures and Readiness to Implement Physics Problem Solving Assisted by Interactive Multimedia Android in Indonesia. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 9(4), 820-827.

Amalissholeha, N. dkk. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di SMAN 1 Kediri. Empiricism Journal. 4(2), hlm. 375.

Ma’rifah, E. (2016). Identifikasi Kesulitan Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor.Seminar Nasional Pendidikan 2016, 1, 129.

Yasa, I.K.D.C.A. dkk. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Udiksha. 8(1), hlm 104-112.

Fatchiyah, F. & Utami, M.A.P. (2022). Pengembangan Platform Digital Berbasis Linktree Dengan Geogebra Barsama Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii MTs. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 1(2), hlm. 33–45.

Auwaliyah, H.M. dkk. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook Materi Mitigasi Bencana Untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Singosari. Jurnal Geografi. 12(1), hlm. 40-55.

Septiani, A. & Santi, A.U.P. (2022). Pengaruh Aplikasi Quizwhizzer Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Sumber Energi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. 1(1), hlm. 1–9.

Nur, M. dkk. (2022). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbantuan Linktree Pada Materi Koloid Dengan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JCAE: Journal of Chemistry And Education. 6(1), hlm. 1–12. doi: 10.20527/jcae.v6i1.1418.

Thiagarajan, S. dkk. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Washington D.C.: National Center for Improvement of Educational System.

Imani, M.N. dkk. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Linktree dan Evaluasi Quizizz pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar. 1(1), hlm. 222-231.

Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Widoyoko & Putro, E. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manurung, E.T. dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Linktree pada Materi Trigonometri untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI SMA / MA. Juring: Journal For Research in Mathematics Learning. 6(2), hlm. 215–224.

Erawati, N.K. dkk. (2022). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine Untuk Menunjang Pembelajaran Di Smk. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2), hlm. 71–80.

Audina, L. dkk. (2022). Pengembangan Media Game Interaktif Elektronik Berbasis Quizwhizzer Pada Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11(6), hlm. 1996-2006. doi: 10.33578/jpfkip.v11i6.9212.

Downloads

Published

2024-12-31